UDiNus Repository

Penilaian Kinerja Manajer Pusat Biaya dan Pelaksanaan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Anggaran di Perusahaan Farmasi (Studi Kasus Pada PT Sampharindo Perdana Semarang)

EKA, YUNISTYAWATI (2017) Penilaian Kinerja Manajer Pusat Biaya dan Pelaksanaan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Anggaran di Perusahaan Farmasi (Studi Kasus Pada PT Sampharindo Perdana Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4090b) | Preview

    Abstract

    Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem yang terbentuk dari struktur organisasi yang terbagi atas beberapa pusat pertanggungjawaban, yang dapat mengukur kinerja tiap organisasi dan dapat digunakan sebagai pemisahan fungsi, tugas dan tanggungjawab yang jelas. Kinerja manajer dapat diukur dan berkaitan erat dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban. Pada PT Sampharindo Perdana Semarang melibatkan seluruh unit pada bagian pusat biaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban dengan anggaran dan juga penilaian kinerja manajer pusat biaya (Studi Kasus PT Sampharindo Perdana Semarang). Data yang digunakan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder berupa hasil wawancara dengan pihak PT Sampharindo Perdana Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah metode variansi, dimana hasil yang diperoleh masih terdapat biaya yang belum efektif(Unfavorable) dan sudah efektif(Favorable. PT Sampharindo Perdana Semarang sudah menerapkan struktur organisasi secara jelas beserta pembagian wewenangnya, sudah melakukan pemisahan biaya terkendali dan tidak terkendali sesuai bagiannya, terdapat juga klasifikasi kode rekening, namun penilaian kinerja manajer belum efektif. PT Sampharindo Perdana Semarang melibatkan karyawan dan manajer dalam penyusunan anggaran. Perusahaan menerapkan kebijakan 10% ketika terjadi pembengkakan biaya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:26
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22831

    Actions (login required)

    View Item