UDiNus Repository

Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Semarang Timur)

YEHUDA, JUANDA RISMA (2017) Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Semarang Timur). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3597b) | Preview

    Abstract

    Pajak merupakan sumber penerimaan negara, salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak dengan patuh membayar pajak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh sikap wajib pajak, pengetahuan tentang perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Semarang Timur dengan jumlah sempel sebanyak 96 wajib pajak. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sikap wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kpatuhan wajib pajak. Dengan demikian pengetahuan tentang perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak, sedangkan sikap wajib pajak belum sepenuhnya dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:30
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22932

    Actions (login required)

    View Item