UDiNus Repository

SISTEM REKOMENDASI PEMBUATAN PAKET MENU DENGAN TEKNIK MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA RUMAH MAKAN KAMPUNG LAUT SEMARANG

CAHYO, SAPUTRO DWI (2017) SISTEM REKOMENDASI PEMBUATAN PAKET MENU DENGAN TEKNIK MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA RUMAH MAKAN KAMPUNG LAUT SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3971b) | Preview

    Abstract

    Rumah Makan pasti memiliki histori data transaksi pelanggan dalam proses kegiatannya, salah satunya adalah Rumah Makan Kampung Laut Semarang yang memiliki sekitar 1000 transaksi dalam periode waktu juli hingga oktober 2016. Data yang tidak diolah ini hanya akan mengendap dan tidak bermanfaat. Sebaliknya pengolahan data yang tepat menggunakan disiplin ilmu data mining akan bermanfaat dan bisa menjadi pendukung keputusan perusahaan. Dalam sebuah transaksi hampir semua pelanggan memilih lebih dari satu jenis makanan. Melihat pola ini peneliti mencoba melakukan penelitian dengan mengolah data transaksi yang mengendap dan mengekstrak informasi seperti pasangan menu manakah yang sering dipesan. Untuk melakukan penelitian ini peneliti menggunakan teknik Market Basket Analysis dengan algoritma Apriori. Adanya penelitian ini bisa menjadi pendukung keputusan Rumah Makan Kampung Laut semarang untuk membuat dan memberikan rekomendasi paket menu makanan bagi pelangan baru. Hal ini menjadi sangat penting melihat Rumah Makan Kampung Laut memiliki total 777 jenis menu berbeda dan proses pembuatan paket menunya masih manual dengan cara mengkira-kira.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:41
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23040

    Actions (login required)

    View Item