UDiNus Repository

IDENTIFIKASI PENYAKIT BUSUK LUNAK BATANG PADA BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DENGAN EKSTRASI CIRI GLCM DAN KLASIFIKASI K-NN

ILHASS, AZMI ULIL (2017) IDENTIFIKASI PENYAKIT BUSUK LUNAK BATANG PADA BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DENGAN EKSTRASI CIRI GLCM DAN KLASIFIKASI K-NN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3976b) | Preview

    Abstract

    Busuk lunak batang adalah penyakit yang menyerang pada batang buah naga yang menimbulkan gejala busuk berair dan bewarna coklat. Gejala akan menyebar luas pada seluruh batang buah naga jika tidak segera ditangani sehingga menimbulkan kerugian. Kebutuhan akan teknologi informasi diperlukan untuk mendeteksi penyakit busuk lunak batang pada buah naga. Penelitian yang berkembang dalam upaya identifikasi penyakit busuk luak batang belum ada yang khusus melalui secara citra digital. Sehingga penelitian ini membangun sistem identifikasi penyakit pada batang buah naga melalui identifikasi citra digital dengan pemilihan warna dan ciri ekstrasi melalui Gray Levels Co-Occurrence Matrixs. Berdasarkan ekstrasi ciri GLCM, dilakukan klasifikasi menggunakan metode K-Nearest Neighbour (K-NN). Pengujian dilakukan dengan menggunakan kombinasi ciri tekstur GLCM correlation, energy, homogeneity, dan contrast serta algoritma klasifikasi K-NN dengan teknik perhitungan jarak Eculidean Distance. Kombinasi 4 ciri serta perhitungan jarak Euclidean Distance untuk identifikasi penyakit batang buah naga sehat atau berpenyakit dapat menghasilkan akurasi 87,5%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:44
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23081

    Actions (login required)

    View Item