UDiNus Repository

SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA CV. SWALAYAN MOTOR SEMARANG

IKA, SARI INDAH (2017) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA CV. SWALAYAN MOTOR SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3940b) | Preview

    Abstract

    Perusahaan Distributor sparepart motor setiap hari mencatat data transaksi yang cukup banyak. Hal ini menimbulkan tumpukan data yang dapat diolah lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang bermanfaat. Salah satu cara pengolahan tersebut adalah dengan datamining. Pada penelitian ini membahas bagaimana teknik datamining diimplementasikan pada perusahaan tersebut, yaitu CV. Swalayan Motor Semarang yang bergerak dibidang penjualan sparepart motor untuk mengetahui pelanggan yang potensial.Untuk mengimplementasikan datamining pada CV. Swalayan Motor Semarang, maka dirancang sistem aplikasi berbasis web yang dapat mengolah data transaksi penjualan menjadi dataset dengan variabel Jarak Pembelian Akhir, Frekuensi Beli dan Total Beli dengan menggunakan metode Clustering Fuzzy C-means. Data yang digunakan adalah data transaksi selama bulan Januari 2016 sampai Februari 2017. Pengujian validitas cluster dilakukan dengan menggunakan algoritma partition coefficient (PC). Hasil proses mining membuktikan bahwa pada periode 1 tahun mempunyai pelanggan potensial berkategorikan Superstar sebanyak 31 pelanggan, Golden customer 52 pelanggan, typical customer 65 pelanggan dan occational customer 45 pelanggan dengan kevalidan 0.567006885%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:47
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23139

    Actions (login required)

    View Item