ILHAM, PRATAMA SETIA (2017) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA ALFAMART KALISAPU SLAWI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3786b) | Preview |
Abstract
Alfamart pasti mempunyai data transaksi penjualan. Data transaksi penjualan ini hanya digunakan sebagai rekaman tanpa pengolahan lebih lanjut, dari data transaksi penjualan dapat diketahui informasi yaitu mengetahui pola pembelian konsumen dengan teknik aturan asosiasi menggunakan metode algoritma apriori. Penelitian ini memanfaatkan data primer yang masih baru yaitu data transaksi penjualan dari bulan Januari 2017. Hasil yang didapat dari pengolahan data transaksi penjualan berupa itemset dengan penerapan konsep analisis asosiasi mining diketahui nilai support pada tiap item, kombinasi item, nilai confidence dalam pembentukan frequent itemset. Maka, diketahui barang yang paling banyak dibeli secara bersamaan oleh konsumen Alfamart yaitu jika membeli mie instan maka membeli air mineral dengan nilai confidence 72%, jika membeli rokok maka membeli membeli air mineral dengan nilai confidence 54%. Informasi ini sangat berguna bagi pihak pengelola Alfamart untuk menyusun strategi dengan menambah persediaan barang dan menyusun tata letak barang secara berdekatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:48 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:48 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23169 |
Actions (login required)
View Item |