INDAH, RAHMAWATI (2017) Model penentuan peminatan siswa dengan mengimplementasikan Metode Clustering dengan Algoritma Fuzzy C-Means pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Pangudi Luhur Don Bosko Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3714b) | Preview | |
Image (JPEG) Download (0b) | ||
| PDF Download (155Kb) | Preview | |
| PDF Download (23Kb) | Preview | |
| PDF Download (58Kb) | Preview | |
| PDF Download (143Kb) | Preview | |
| PDF Download (141Kb) | Preview | |
| PDF Download (207Kb) | Preview | |
| PDF Download (144Kb) | Preview | |
| PDF Download (139Kb) | Preview | |
| PDF Download (397Kb) | Preview | |
| PDF Download (108Kb) | Preview | |
| PDF Download (55Kb) | Preview |
Abstract
Masalah yang ada disekolah SMA Pangudi Luhur Don Bosko yaitu kurikulum yang digunakan pada sekolah masih Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sekolah masih melakukan penjurusan secara manual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memudahkan sekolah dalam melakukan penjurusan secara sistematis. Metode yang digunakan Metode Clustering, Algoritma Fuzzy C-Means, dan perhitungan MATLAB. Metode pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik dokumentasi dengan cara mengambil sampel 1000 data nilai raport siswa kelas X tahun ajaran 2014-2015. Hasil dari penelitian yaitu menghasilkan sistem informasi penjurusan untuk memudahkan penjurusan sesuai dengan kurikulum 2013. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil rancangan model penentuan jurusan berdasarkan nilai raport yaitu cluster pertama jurusan IPA dengan mengacu pada mata pelajaran Matematika dengan nilai <80, cluster kedua jurusan IPS dengan nilai Ekonomi <80, cluster ketiga jurusan BAHASA dengan nilai Bahasa Indonesia <80
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:59 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:59 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23303 |
Actions (login required)
View Item |