AYU, WULANDARI (2017) PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS AUGMENTED REALITY DI TPQ MUTIARA HIDAYAH RW X KELURAHAN GISIKDRONO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3775b) | Preview |
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an menjadi salah satu tempat diselenggarakannya proses pendidikan nonformal yang mengajarkan menulis dan membaca Al-Qur’an untuk umat muslim. Media pembelajaran yang ada di TPQ Mutiara Hidayah RW X Kelurahan Gisikdrono Semarang belum efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran Al-Qur’an. Qiraati digunakan sebagai media pembantu pembelajaran Al-Qur’an. Dalam hal ini siswa lebih mudah merasa bosan dengan proses belajar yang monoton. Media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa agar mempermudah pemahaman materi dalam proses belajar. Perangkat lunak ini menggunakan metode Marekerless Augmented Reality, dengan metode marekerless pengguna tidak memerlukan marker khusus melainkan objek yang sudah ada. Pada penelitian ini Qiraati digunakan juga sebagai media pembelajaran di kelas tersebut. Aplikasi yang dibuat akan menampilkan objek 3D Huruf Hijaiyah dan informasi pada masing – masing Huruf Hijaiyah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 17:20 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 17:20 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23574 |
Actions (login required)
View Item |