UDiNus Repository

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RS BHAYANGKARA SEMARANG TAHUN 2005

PRIHATIN, FITRIYANI CATUR (1970) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RS BHAYANGKARA SEMARANG TAHUN 2005. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (12Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan gizi merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. Dimana pelayanan ini bertujuan untuk mencapai status gizi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan gizi untuk keperluan metabolisme tubuh, peningkatan kesehatan dalam upaya penyembuhan baik dirawat maupun berobat jalan. Dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit diantaranya peningkatan mutu pelayanan gizi dipandang perlu adanya evaluasi terhadap pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan gizi terhadap tingkat kepuasan pasien di unit rawat inap RS Bhayangkara Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan non probability sampling yaitu menunggu kunjungan pasien baru di Unit Rawat Inap dengan jumlah 63 orang. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan nilai keyakinan 95% dan nilai kemaknaan 0.05. Dari hasil penelitian berdasarkan uji statistik Chi Square didapatkan ada hubungan antara mutu pelayanan gizi terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai p = 0.004, ada hubungan antara konsultasi gizi terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai p = 0.05, ada hubungan antara penyajian makanan terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai p =0.049 dan ada hubungan antara etika pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan dengan nilai p = 0.012 Berdasarkan hasil tersebut di atas penulis menyarankan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan mutu pelayanan dengan cara membentuk tim menjaga mutu. Dimana tim ini dapat mengevaluasi kerja dari seluruh pelayanan di rumah sakit khususnya pelayanan gizi sehingga pasien lebih puas terhadap pelayanan yang diterimanya. Bagi instalasi gizi perlu dilakukan evaluasi kerja untuk meningkatan penyajian makanan. Dan adanya penelitian ini dapat memberikan masukan kepada rumah sakit demi pengembangan rumah sakit ke depan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:27
    Last Modified: 20 Nov 2014 22:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7529

    Actions (login required)

    View Item