UDiNus Repository

FAKTOR KETERLAMBATAN PROSES PELAYANAN KLAIM ASKES KHUSUSNYA PASIEN ASKES BAGIAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG TAHUN 2011

ELISABETH, RATNA TESSA (2012) FAKTOR KETERLAMBATAN PROSES PELAYANAN KLAIM ASKES KHUSUSNYA PASIEN ASKES BAGIAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG TAHUN 2011. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2012 ABSTRAK ELISABETH TESSA RATNA SARI HERNINGTYAS FAKTOR KETERLAMBATAN PROSES PELAYANAN KLAIM ASKES KHUSUSNYA PASIEN ASKsES BAGIAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMsARANG TAHUN 2011 Asuransi kesehatan adalah sebuah janji dari perusahaan kepada nasabahnya bahwa apabila si nasabah jika mengalami risiko yang berhubungan dengan kesehatannya, seperti sakit sehingga harus dirawat inap, rawat jalan, diobati/dioperasi, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian kepada si nasabah tersebut. Di Rumah Sakit Banyumanik sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur klaim, namun dalam proses pelaksanaannya terdapat berbagai macam kendala dalam proses pengklaimmannya yaitu pasien askes yang sering lupa membawa kartu askes, lupa membawa rujukan dari dokter keluarga, data pasien askes tidak lengkap yang membuat petugas rekam medis kerepotan untuk mendata pasien karena harus menunggu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan tata cara dan penyebab terjadinya keterlambatan klaim Pasien Askes di Bagian Rawat Jalan di Rumah Sakit Banyumanik Semarang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode wawancara dan observasi dengan rancangan penelitan crossectional. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah “Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Askes Khususnya Pasien Askes di Bagian Rawat Jalan Rumah Sakit Banyumanik Semarang� Proses pengolahan data dilakukan dengan cara collecting, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan selama melakukan penelitian di Rumah Sakit Banyumanik Semarang diketahui proses pelayanan klaim askes penerimaan pasien rawat jalan, faktor penyebab keterlambatan proses klaim, mengetahui formulir rawat jalan yang digunakan untuk klaim pasien askes, mengetahui tugas pokok dan fungsi petugas mengenai klaim askes Perlu dibuatkan papan informasi tentang tatacara pendaftaran pasien askes dan persyaratan yang harus disiapkan pasien sebelum mendaftar guna kelancaran proses pendaftaran dan perlu adanya pemisahan tugas pokok fungsi antar tiap-tiap petugas askes Kata kunci : Asuransi, Klaim Asuransi Kesehatan Kepustakaan : 12 (2002-2011)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:28
    Last Modified: 20 Nov 2014 21:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7601

    Actions (login required)

    View Item