NURUL, PRIHADIYANTI (1970) HUBUNGAN ANTARA PERAN PEER EDUCATOR (PENDIDIK SEBAYA) DENGAN PRAKTIK KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2012. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Peer educator (Pendidik sebaya) adalah seseorang yang memiliki ciri – ciri yang hampir seluruhnya sama dengan kelompoknya. Hal yang membedakan hanyalah pada perilakunya (pengetahuan, sikap, praktik). Peran seorang pendidik sebaya sangat berpengaruh besar terhadap perubahan prilaku kelompok yang ada didalamnya. Dengan adanya Peer Educator dilingkungan sekolah bertujuan untuk memberikan informasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara peran Peer Educator (pendidik sebaya) dengan praktik kesehatan reproduksi remaja di SMA Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan metode survei dan pendekatan cross sectional. Besar sampel sebanyak 78 orang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Proportional Random Sampling. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden berpendapat bahwa Peer Educator cukup berperan (57,7%) dengan praktik kesehatan reproduksi baik (32,1%). Dari uji statistik menunjukan bahwa ada hubungan antara peran peer educator (pendidik sebaya) dengan praktik kesehatan reproduksi remaja di SMA Negeri 2 Semarang (p velue = 0,044, rho = 0,229) Peningkatan pendekatan peran Peer Educator melalui berbagai kegiatan positif disekolah diharapkan mampu menarik minat para remaja untuk datang ke Pusat Informasi Kesehatan (PIK) khususnya Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:29 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 21:09 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7622 |
Actions (login required)
View Item |