UDiNus Repository

EFEK PEMAKAIAN STRATEGI KESANTUNAN ILOKUSI DIREKTIF TOKOH UTAMA DRAMA NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO KARYA UMINO NAGIKO

Tut, handayani wuri (2013) EFEK PEMAKAIAN STRATEGI KESANTUNAN ILOKUSI DIREKTIF TOKOH UTAMA DRAMA NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO KARYA UMINO NAGIKO. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
Download (3898b) | Preview

    Abstract

    Tut Wuri Handayani, NPM: C12.2011.00366, 66 halaman isi, 1 halaman daftar pustaka, 3 halaman lampiran. Semarang: Program Studi Sastra Jepang, Universitas Dian Nuswantoro. Kata kunci : Pragmatik, tindak tutur, ilokusi direktif, strategi kesantunan, efek kesantunan Skripsi ini meneliti jenis serta efek pemakaian strategi kesantunan ilokusi direktif yang digunakan dalam tindak tutur tokoh utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis pemakaian strategi tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh tokoh utama. Serta untuk mengetahui efek kesantunan berbahasa yang mempengaruhi pemakaian strategi tersebut. Sumber data penelitian ini berupa film Nihonjin No Shiranai Nihongo. Data berupa tindak tutur ilokusi direktif yang memperlihatkan bahwa tindak tutur yang dimaksudkan penutur agar mitra tutur melakukan tindakan sesuai apa yang disebutkan di dalam tuturannya. Data tersebut kemudian dianalisis dengan paradigma kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penutur tokoh utama dominan menerapkan ilokusi direktif kategori strategi kesantunan positif (Positive Politeness Strategy). Pemilihan strategi dalam data tersebut mempengaruhi terjadinya efek kesantunan berbahasa paling banyak yaitu menimbulkan kategori tuturan santun yang dimanfaatkan oleh tokoh utama.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang
    Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang
    Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 16:20
    Last Modified: 20 Nov 2014 07:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8223

    Actions (login required)

    View Item