ABDUL, MUKTI (2012) Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Furniture pada CV. Mukti Jaya. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI Derasnya persaingan dalam industri furniture menuntut pengusaha furniture termasuk CV. MUKTI JAYA untuk memperhatikan perilaku konsumen dalam setiap perancangan strategi pemasarannya. Mempelajari perilaku konsumen berarti mempelajari faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seseorang yaitu faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian furniture pada CV. MUKTI JAYA baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. MUKTI JAYA. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen CV. MUKTI JAYA yang ditemui dirumahnya masing-masing di daerah Kendal. Jenis datanya adalah data primer, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil analisis menggunakan SPSS versi 16 secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara faktor budaya terhadap keputusan pembelian furniture pada CV. MUKTI JAYA sedangkan terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor sosial dan faktor psikologis baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian furniture pada CV. MUKTI JAYA. Hal ini terbukti sign ( 0,000) < ? = 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi diperoleh dengan nilai adjusted R2 sebesar 0,167. Berarti faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis dapat menjelaskan keputusan pembelian furniture pada CV. MUKTI JAYA sebesar 16,7 % sedangkan 83,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Keywords : Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor psikologis, Keputusan pembelian
Actions (login required)