UDiNus Repository

Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 - 2009

ANGGARINO, AFRIALDHY (2012) Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 - 2009. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penilaian atas saham merupakan kegiatan yang sangat penting. Salah satu metode penilaian saham tersebut adalah Price Earning Ratio (PER). Metode ini berdasarkan atas harga per lembar saham yang berlaku di pasar modal terhadap laba bersih yang tersedia bagi pemegang saham. PER dapat diartikan sebagai indikator kepercayaan pasar terhadap prospek pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. Price Earning Ratio atas saham maka dapat diidentifikasikan saham mana yang sebaiknya dijual atau dibeli. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menganalisis faktor-faktor yang diduga mempengaruhi Price Earning Ratio saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Faktor-faktor tersebut antara lain : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh leverage, dividend payout ratio, size, earning growth dan country risk. Adapun periode pengamatan dimulai tahun 2006 s.d. 2009. Sampel perusahaan diperoleh sebanyak 12 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Devidend Payout Ratio,Tingkat Inflasi, dan Tingkat Suku Bunga SBI yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan variabel independen lainnya seperti Earning Growth dan Kurs USD tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Price Earning Ratio saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh leverage, dividend payout ratio, size, earning growth dan country risk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Price Earning Ratio saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 16:45
    Last Modified: 20 Nov 2014 02:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8449

    Actions (login required)

    View Item