EDY, WIBOWO CAHYO (2014) ANALISIS TERHADAP PENGARUH RETAIL MARKETING MIX PADA LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Toko Grosir Raja Bares Pasar Johar Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI Toko grosir raja bares pasar johar Semarang adalah salah satu cabang toko grosir yang memiliki merek terpercaya di daerah semarang dan sekitarnya,pada saat ini mengalami masalah penurunan jumlah konsumen yang berbelanja di tokonya selama periode 2010 hingga 2012. Dengan berpijak pada fenomena tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen toko grosir raja bares pasar johar Semarang. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh reteil marketing mix yaitu : lokasi toko, produk, harga, periklanan dan promosi, reteil service dan atmosfer dalam gerai. penelitian ini secara khusus menguji pengaruh keenam unsur bauran pemasaran ritel marketing mix terhadap loyalitas konsumen pada toko grosir raja bares pasar johar Semarang . Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi loyalitas konsumen adalah produk dengan nilai koefisien regresi 0,285.dan berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitasnya adalah 0,036. Harga menjadi faktor kedua yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi -0,296 dan berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitasnya 0,11 Secara simultan Produk dan Harga berkaitan memliki nilai positif,negatif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan hasil ini dapat diartikan bahwa adanya penurunan harga dan tingginya kualitas produk semakin meningkatkan pengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Actions (login required)