UDiNus Repository

Media Pembelajaran Interaktif Fisika Mengenai Mikrometer Sekrup (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Moga) Berbasis Mobile

YUDI, PAMUNGKAS ARI (2008) Media Pembelajaran Interaktif Fisika Mengenai Mikrometer Sekrup (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Moga) Berbasis Mobile. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan akan media pembelajaran yang mampu menambah daya tarik dan minat belajar siswa merupakan hal yang penting. Karena semakin tinggi daya tarik dan minat siswa untuk belajar maka akan mampu menciptakan sumberdaya manusia yang cerdas dan kompeten. Perkembangan media pembelajaran sekarang ini semakin canggih dari adanya penggunaan komputer sampai dengan dukungan internet sehingga siswa mampu belajar mandiri dan mulai menggunakan teknologi sebagai sarana media belajar. Media pembelajaran interaktif kini lebih banyak digunakan karena user mampu berinteraksi langsung dengan media tersebut. Pemilihan media pembelajaran interaktif yang mampu memberikan daya tarik belajar dan mempunyai nilai efisiensi akan menjadi solusi dari berbagai masalah yang ada pada media pembelajaran sebelumnya yang cenderung mahal dan tidak praktis. Media pembelajaran interaktif berbasis mobile (m-learning) adalah aplikasi pembelajaran berupa aplikasi yang dapat dijalankan ditelepon seluler dan dinilai memenuhi criteria tersebut. Mengukur ketebalan benda menggunakan Mikrometer Sekrup adalah salah satu materi belajar fisika siswa SMA kelas X. Fisika merupakan ilmu terapan yang memerlukan pemahaman yang baik dalam segi teori dan praktek. Pemahaman tersebut akan dituangkan kedalam aplikasi pembelajaran berbasis mobile dengan menggunakan Flash Lite versi 2.0 yang telah ter-include¬ di dalam Adobe Flash CS3. Aplikasi berisi materi pelajaran dilengkapi soal-soal, praktek simulasi dan animasi interaktif menarik yang akan diaplikasikan kepada siswa SMA Negeri 1 Moga sebagai program bantu pembelajaran berbasis mobile sekaligus guna mewujudkan visi misi sekolah sebagai sekolah yang unggul dalam IPTEK dan melaksanakan pengembangan-pengembangan model pembelajaran disekolah. Kata kunci : Pembelajaran, Fisika, Mikrometer, Mobile xvii + 136; 40 gambar; 21 tabel

Item Type: Article
Subjects: T Technology > Teknik Informatika
Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Psi Udinus
Date Deposited: 10 Oct 2014 16:41
Last Modified: 10 Oct 2014 16:41
URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item