YUDA, SUSILA BHAKTI (2012) Efektivitas Penerapan Teori Gestalt Pada Iklan Cetak Adidas Terhadap Pemahaman Konsumen. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Adidas merupakan salah satu perusahaan sepatu olahraga terbesar di dunia memerlukan iklan untuk menyampaikan pesan, menarik minat konsumen, serta meningkatkan penjualan. Salah satu versi iklan cetak yang dikeluarkan oleh Adidas adalah versi Fake Hurts Real. Pada versi ini Adidas menyampaikan pesan bahwa pemakaian sepatu Adidas yang tidak asli tidak akan memberi perlindungan terhadap kaki si pemakai sehingga akan melukai si pemakai. Iklan versi ini menarik karena Adidas menerapkan teori Gestalt dalam memvisualisasikan pesan yang disampaikan kepada konsumen. Teori Gestalt menjelaskan proses pengorganisasian sensasi yang memiliki hubungan, pola, ataupun kemiripan menjadi kesatuan. Teori Gestalt berusaha mengurangi sensasi menjadi bagian-bagian kecil. Pada penulisan skripsi ini, dikaji efektivitas penerapan teori Gestalt pada iklan cetak Adidas terhadap pemahaman konsumen. Adapun metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah metode kuantitatif. Setelah diadakan penelitian terhadap sampel yang diambil maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan teori Gestalt pada iklan cetak Adidas ternyata efektif dipahami oleh konsumen.
Actions (login required)