UDiNus Repository

RANCANG BANGUN GAME MOBILE EDUKASI PETUALANGAN AKSARA JAWA

HARINTO, WIBOWO (2012) RANCANG BANGUN GAME MOBILE EDUKASI PETUALANGAN AKSARA JAWA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3782b) | Preview

    Abstract

    Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif . Sangat perlu untuk membuat suatu media pembelajaran seperti game edukasi , khususnya jenis game mobile agar proses pembelajaran berlangsung lebih baik dan dapat dilakukan secara mobile. Tujuan dari program game mobile edukasi ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran interaktif, khususnya mengenai materi Aksara Jawa, yang dapat digunakan secara mobile. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran tentang Aksara Jawa dapat dilakukan di mana saja, dan kapan saja secara efektif oleh peserta didik. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu model Waterfall yang meliputi analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari pembuatan program game pembelajaran ini adalah sebuah game edukasi Petualangan Aksara Jawa berbasis aplikasi mobile, yang memiliki jalan cerita petualangan seorang anak untuk menyelesaikan tantangan kuis Huruf Jawa dan Sandhangan

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:42
    Last Modified: 19 Nov 2014 02:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10688

    Actions (login required)

    View Item