UDiNus Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI PENJADWALAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA GENETIKA

HASAN, YAHYA (2012) RANCANG BANGUN APLIKASI PENJADWALAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA GENETIKA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3663b) | Preview

    Abstract

    Penjadwalan praktikum di laboratorium komputer Universitas Dian Nuswantoro yang dilakukan oleh koordinator penjadwalan secara manual memerlukan sumber daya waktu dan tenaga yang cukup besar. Terjadinya tabrakan atau keterlambatan jadwal praktikum seringkali tidak dapat terhindarkan. Oleh sebab itu diperlukan adanya suatu penjadwalan yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Pendekatan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan adalah dengan pendekatan algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan pendekatan komputasional untuk menyelesaikan masalah yang dimodelkan dengan proses biologi dari evolusi. Dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika akan dibuat aplikasi untuk membantu proses penjadwalan tersebut. Dengan adanya aplikasi penjadwalan dengan pendekatan algoritma genetika, diharapkan dapat diperoleh hasil penjadwalan yang optimal yaitu dimana jadwal matakuliah sesuai dengan spesifikasi laboratorium, serta tidak ada permasalahan bentrokan dengan jadwal praktikum yang lain.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:44
    Last Modified: 19 Nov 2014 01:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10765

    Actions (login required)

    View Item