UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

DIDIT, ARYADI (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3838b) | Preview

    Abstract

    Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.Salah satu metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan pencocokan profile (profile macthing).Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternative terbaik bedasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode pencocokan profil (profile matching). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan menentukan aspek dan sub aspek berserta mencari nilai bobot untuk setiap sub aspek, mencari GAP antara profile dengan keadaan data dari siswa dengan menggunakan metode ini ditentukan presentasi kedua unsur aspek dan ditotal kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu mahasiswa terbaik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:46
    Last Modified: 19 Nov 2014 00:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10865

    Actions (login required)

    View Item