UDiNus Repository

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAHNOSA PENYAKIT PADA ANAK USIA BALITA DENGAN MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING

MUFASIRUL, HUDA (2012) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAHNOSA PENYAKIT PADA ANAK USIA BALITA DENGAN MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4017b) | Preview

    Abstract

    Salah satu teknologi komputer yang punulis gunakan adalah sistem pakar, dimana sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia yaitu dari seorang pakar ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli atau pakar. Sistem pakar disini digunakan untuk mengetahui jenis penyakit melalui gejala-gejalanya serta solusinya. Lambatnya mengetahui penyakit serta tidak mengetahui cara penanganannya dapat mengakibatkan gangguan tersebut menjadi lebih berat. Oleh karena itu dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam menentukan penyakit pada balita. Adapun tujuan dari Tugas Akhir ini adalah Tujuan penelitian ini adalah terciptanya suatu sistem yang dapat menggantikan peran seorang pakar/dokter dalam mendiagnosa penyakit anak usia balita berdasarkan gejala-gejala yang ada dengan cepat dan tepat. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah meliputi studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi pengamatan, wawancara. Sedang studi kepustakaan dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah tersebut.Hasil dari sistem pakar ini adalah sistem ini mampu melakukan diagnosa penyakit pada anak usia balita beserta penjelasan dan pencegahannya,berdasarkan gejala-gejala yang diderita anak .

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:47
    Last Modified: 19 Nov 2014 00:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10885

    Actions (login required)

    View Item