UDiNus Repository

Implementasi Metode Penggabungan Dua Jalur Internet Menggunakan Load Balancing, Failover, dan Bonding Pada MikroTik RouterOS

SEPTI, NUGRAHAEDI RAHMAT (2012) Implementasi Metode Penggabungan Dua Jalur Internet Menggunakan Load Balancing, Failover, dan Bonding Pada MikroTik RouterOS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3866b) | Preview

    Abstract

    Untuk memenuhi kebutuhan akan internet itu sendiri maka sudah semestinya kita bijak memilih ISP. Menggunakan dua ISP atau lebih dapat dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan internet.Untuk melakukan penggabungan jalur internet tersebut, dapat diterapkan menggunakan tiga metode yang dipercaya dapat menggabungkan jalur internet yaitu Load Balancing, Failover, dan Bonding. Pada tugas akhir ini yang akan menjadi perhatian utama adalah penyebaran bandwidth kepada client yang diimplementasikan melalui masing metode yang digunakan. Setelah dilakukan pengujian didapatkan hasil bahwa failover bekerja untuk mengalihkan jalur internet ke jalur cadangan bila jalur utama putus dan dikembalikan lagi ke jalur utama setelah kembali normal. Sedangkan load balancing membagi beban secara merata ke jalur internet yang digunakan. Metode bonding yang dianggap dapat menggabungkan jumlah bandwidth pada jalur yang digunakan secara kumulatif, pada kenyataannya metode ini tidak dapat menggabungkan bandwidth tersebut, karena bonding bekerja untuk menggabungkan dua jalur bukan dua paket IP.Dari metode-metode yang diterapkan, metode load balancing merupakan metode yang paling optimal dalam penggabungan beberapa jalur yang digunakan, dan dapat disertai dengan failover didalamnya. Yang dimaksud dengan bonding menggabungkan bandwidth dari ISP adalah bandwidth dari titik A ke titik B dari ISP itu sendiri, dan bukan dari ISP ke client-nya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:50
    Last Modified: 18 Nov 2014 22:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11013

    Actions (login required)

    View Item