UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Kesesuaian Tanaman Perkebunan Berdasarkan Zona Agroekologi di UPTD Pertanian Wilayah IV Kabupaten Kendal Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

NOLYNA, ROOSPITASARI (2012) Sistem Pendukung Keputusan Kesesuaian Tanaman Perkebunan Berdasarkan Zona Agroekologi di UPTD Pertanian Wilayah IV Kabupaten Kendal Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3926b) | Preview

    Abstract

    UPTD Pertananian Wilayah IV Kabupaten Kendal merupakan salah satu unit teknis yang mempunyai tugas pokok menyusun dan melaksanakan program dan kebijakan daerah di bidang pertanian sub bidang tanaman pangan, perkebunan, dan kehutanan. Menurut data statistik UPTD Wilayah IV Kabupaten Kendal, masih banyak hasil pertanian khususnya sub bidang tanaman perkebunan yang kurang optimal, dikarenakan kurangnya informasi mengenai keadaan agroekologi di daerahnya. Untuk membantu menentukan tanaman perkebunan yang cocok berdasarkan keadaan agroekologi di daerahnya, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Pada sistem pendukung keputusan kesesuaian tanaman perkebunan ini, akan diangkat suatu kasus yaitu untuk mencari alternatif tanaman perkebunan terbaik berdasarkan kriteria-kriteria syarat tumbuh tanaman dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perhitungan pada kasus tersebut. Dengan sistem ini pelaku pertanian lebih mudah mengetahui kondisi agroekologi di wilayahnya, dengan diketahuinya kondisi agroekologi, pelaku pertanian bisa memilih komoditas tanaman perkebunan yang sesuai dengan kondisi wilayahnya, sehingga mengurangi resiko kegagalan dalam usaha tani.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:51
    Last Modified: 18 Nov 2014 21:42
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11070

    Actions (login required)

    View Item