QURROTA, MAJID AYUN (2012) Game Edukasi Hitung Waktu sebagai Alat Bantu Pembelajaran Pengukuran Waktu pada Kelas II SD Negeri Bango 1 Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Jam merupakan salah satu alat pengukur waktu. Saat ini jam tidak hanya digunakan untuk menentukan waktu siang dan malam saja, namun mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Mengingat begitu pentingnya jam sebagai pengukur waktu, pendidikan tentang bagaimana menghitung jam telah diterapkan pada kurikulum Sekolah Dasar. Namun, pembelajaran tentang jam yang diberikan membuahkan hasil yang kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas II SD Negeri Bango 1 Demak. Maka, perlu diadakannya pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar. Sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Dan game edukasi dapat menjadi salah satu altenatif. Karena disini siswa akan diajak untuk bermain sambil belajar tentang penghitungan jam. Proyek akhir ini menguraikan game edukasi tentang jam yang sesuai dengan materi yang diberikan pada sekolah dasar. Mengenalkan kegiatan sehari-hari dari pagi hingga malam beserta jam pelaksanaannya, penghitungan 24 jam dan menentukan lamanya waktu kegiatan. Game dibuat dengan konsep multimedia interaktif yang menggabungkan unsur teks, image, audio, animasi dan interaktivitas. Materi game disesuaikan dengan materi tentang pengukuran waktu yang terdapat pada kurikulum Sekolah Dasar. Melalui Game edukasi hitung jam ini, dapat diciptakan pembelajaran tentang penghitungan jam yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Selain itu, siswa kelas II SD Negeri Bango 1 Demak dapat memiliki kesempatan untuk belajar sambil bermain dan lebih tertarik untuk belajar tentang jam.
Actions (login required)