UDiNus Repository

Sistem Pengelolaan Data Dana Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) "Pendhawa" Pada Kelurahan Pendrikan Kidul, kecamatan Semarang Tengah, Semarang

SITI, ASMIATUN (2012) Sistem Pengelolaan Data Dana Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) "Pendhawa" Pada Kelurahan Pendrikan Kidul, kecamatan Semarang Tengah, Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pandhawa adalah suatu badan yang dibentuk untuk menyalurkan dana pemerintah kepada kelompok masyarakat di kelurahan sasaran, dengan tujuan menanggulangi kemiskinan. Sumber daya manusia yang tersedia di BKM/LKM sendiri waktu kerjanya part-time, dan masih mengalami kesulitan dalam proses pendataan pinjaman dan angsuran dan membutuhkan waktu yang lama. Permasalahan diatas menyebabkan laporan yang dihasilkan tidak tepat dan berakibat pada kesalahan pengambilan keputusan. Proses pencarian dokumen juga mengalami kesulitan karena semua dokumen disimpan dalam bentuk hard copy. Selain itu, sistem yang ada juga mengakibatkan laporan terlambat dan human error yang tinggi.Oleh karena itu, BKM ingin membuat suatu sistem informasi yang dapat mengelola data dana yang terkomputerisasi agar mempermudahkan pemrosesan data yang digunakan untuk pembuatan laporan dan pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode waterfall Approach yang dimulai dari tahapan perencanaann, analisis sistem, desain sistem dan implementasi sistem. Dari hasil penelitian sistem tersebut, akan menghasilkan proses pendataan KSM, pendataan Anggota KSM, pendataan petugas UPK, transaksi pinjaman, transaksi angsuran serta laporan yang dibutuhkan. Sistem baru yang berbasis komputer diharapkan dapat memudahkan petugas BKM Pendhawa kelurahan Pendrikan Kidul Semarang dalam melakukan aktifitasnya, khususnya dalam penyimpanan data dan pembuatan laporannya. Serta dapat membantu pihak terkait dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:53
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11139

    Actions (login required)

    View Item