UDiNus Repository

Optimalisasi Web Server dan Implementasi Keamanan Server menggunakan CSF Firewall pada Primahostindo Rapidleech Hosting Server

GANDHI, SATYA PRIMA (2012) Optimalisasi Web Server dan Implementasi Keamanan Server menggunakan CSF Firewall pada Primahostindo Rapidleech Hosting Server. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam teknologi informasi seperti ini kemudahan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi sangatlah penting dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi internet dan jaringan. Sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi. Saat ini banyak sekali pihak penyedia filehosting, antara lain Rapidshare, Hotfile, Filesonic, Fileserve, Oron, dsb. Penyedia filehosting tersebut memberikan layanan free dan premium (berbayar). Tentu saja, layanan free (gratis) memiliki sejumlah batasan dibandingkan layanan yang berbayar. Seperti contoh adanya waktu tunggu ketika mengunduh file, tidak support download manager, tidak support direct link download, dsb. Secara umum, tidak semua pengguna internet di Indonesia menggunakan koneksi internet dengan bandwith yang mumpuni. Membeli premium account dari masing-masing filehosting dirasa tidak terlalu sepadan dengan kecepatan internet yang digunakan. Sebagai solusi, dibuatlah suatu applikasi untuk menyiasati penggunaan satu server yang dapat melakukan proses unduh dari berbagai filehosting. Semuanya cukup dilakukan dari satu server ini. Akan tetapi, untuk membangun server tersebut, Primahostindo harus berhadapan dengan strategi perancangan yang serius dan kompleks pada saat melakukan konfigurasi dan optimalisasi HTTP server. Melakukan langkah atau trial n error, pada saat konfigurasi tentu saja akan memakan banyak waktu dan berpotensi besar untuk terjadi kesalahan. Dalam penelitian ini, akan dilakukan perancangan, implementasi, dan konfigurasi pada Primahostindo Rapidleech Hosting yang meliputi optimalisasi apache webserver, mysql, iptables, dan implementasi firewall sebagai solusi keamanan server.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:53
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11159

    Actions (login required)

    View Item