UDiNus Repository

Survey Digital Watermarking Menggunakan Metode Domain Frekuensi dan Domain Wavelet Berdasarkan Perubahan Kontras dan Brightness

LINGGA, KURNIAWAN MAULANA (2012) Survey Digital Watermarking Menggunakan Metode Domain Frekuensi dan Domain Wavelet Berdasarkan Perubahan Kontras dan Brightness. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan internet khususnya citra digital memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mendistribusikan berbagai macam informasi. Banyak sekali citra digital yang dilihat, dan dapat dimanipulasi secara bebas untuk suatu tujuan tertentu. Hal ini memicu sebuah kerugian bagi pemilik informasi citra tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk mempertahankan informasi tersebut agar tetap terjaga meskipun dimanipulasi sedemikian rupa. Secara umum, sebuah teknik watermarking sangat diperlukan dengan timbulnya masalah penghilangan informasi citra digital saat ini. Watermarking merupakan salah satu cara yang tepat untuk melindungi hak cipta dari pemilik informasi. Watermarking pada citra digital bekerja dengan menyisipkan informasi yang menunjukkan kepemilikan, tujuan atau data lain pada citra digital yang disebut watermark. Penyisipan watermark dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak merusak citra digital yang dilindungi dan tidak dapat teredeteksi oleh indera manusia. Dalam penelitian ini, akan dirancang suatu aplikasi penyisipan watermark citra digital dengan menggunakan metode DWT (Discrete Wavelet Transform) dan DCT (Discrete Cosine Transform). Dengan metode ini, watermark yang dapat disisipkan diharapkan lebih tahan terhadap manipulasi citra digital. Teknik manipulasi citra hasil penyisipan watermark yang akan digunakan adalah penambahan brightness dan kontras. Teknik manipulasi ini digunakan untuk mendapatkan hasil citra watermark yang menunjukkan nilai Peak Signal-To-Noise Ratio (PSNR) dari masing-masing metode tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:54
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11167

    Actions (login required)

    View Item