UDiNus Repository

PERBANDINGAN METODE ADAPTIVE-HIERARCHICAL FILTERING DAN MEDIAN FILTER UNTUK REDUKSI NOISE SALT & PEPPER PADA CITRA WARNA

GANANG, HIDAYAT (2012) PERBANDINGAN METODE ADAPTIVE-HIERARCHICAL FILTERING DAN MEDIAN FILTER UNTUK REDUKSI NOISE SALT & PEPPER PADA CITRA WARNA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4035b) | Preview

    Abstract

    Kerusakan pada citra digital sering terjadi akibat adanya impulse noise. Hal ini disebabkan adanya kesalahan yang dihasilkan dalam saluran komunikasi atau sensor. Median Filter merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menghilangkan noise, yaitu dengan memanfaatkan informasi dari urutan tingkatan data masukan. Namun, jika citra yang sangat rusak atau banyak noise maka akan sangat sulit untuk mendeteksi dan menghilangkan noise tersebut. Metode reduksi noise baru-baru ini telah diteliti oleh Tsung-Nan Lin, Kai-Jie Chan yaitu dengan metode adaptive-hierarchical filtering untuk noise salt & pepper. Namun, metode ini hanya dilakukan dengan citra gray-scale. Pada penelitian ini, peneliti akan mengimplementasikan metode adaptive-hierarchical filtering untuk citra RGB dan membandingkannya dengan metode median filter. Perbandingan terhadap kedua metode tersebut dapat dilakukan dengan pengamatan secara langsung dan perhitungan uji statistik terhadap nilai rata-rata PSNR yang dihasilkan. Dari hasil perbandingan pengamatan citra secara langsung, hasil citra metode adaptive-hierarchical filtering lebih bersih dibandingkan dengan metode median filter. Dari perbandingan uji statistik terhadap nilai rata-rata PSNR yang dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa reduksi noise menggunakan metode adaptive-hierarchical filterting lebih baik daripada metode median filter.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:54
    Last Modified: 18 Nov 2014 19:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11168

    Actions (login required)

    View Item