UDiNus Repository

Rancang Bangun Aplikasi SMS Broadcast untuk Pengingat Pengobatan pada Penderita Kusta di Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan

BAGUS, AGUSTIANTO NUR (2012) Rancang Bangun Aplikasi SMS Broadcast untuk Pengingat Pengobatan pada Penderita Kusta di Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan mempunyai peranan penting untuk memberikan pelayanan pengobatan kepada masyarakat setempat, salah satunya tentang penyakit menular yang tersebar di kabupaten Pekalongan. Penyakit kusta merupakan penyakit menular yang setiap tahun jumlah penularannya semakin bertambah. Berbagai cara dilakukan petugas kesehatan puskesmas dan petugas dinas kesehatan untuk mencari kontak penderita kusta agar penyebaran tidak terlalu meluas. Petugas sering melakukan himbauan kepada penderita kusta agar berobat secara tepat waktu di puskesmas, karena pengobatan yang memakan waktu lama akan menyebabkan drop out pengobatan dan dapat menimbulkan kecacatan jika tidak diobati secara rutin. Untuk mencegah drop out pengobatan, penulis merancang perangkat lunak untuk mengingatkan pasien (penderita kusta) agar berobat secara rutin di puskesmas. Sehingga pasien kusta mempunyai catatan pengingat 30 hari kedepan untuk periksa dan berobat di puskesmas. Selain itu aplikasi SMS Broadcast ini juga mengingatkan pasien untuk minum obat secara teratur. Metode pengembangan sistem aplikasi ini menggunakan metode prototyping yang meliputi identifikasi kebutuhan, mengembangkan prototype, mengadakan perangkat lunak, menguji perangkat lunak dan implementasi. Melalui aplikasi SMS Broadcast pengingat pengobatan, diharapkan dapat membantu mencari data pasien dengan cepat dan tepat sesuai dengan kriteria tertentu dan dapat membantu Dinas Kesehatan kabupaten Pekalongan dalam penanganan penyakit kusta.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:56
    Last Modified: 18 Nov 2014 19:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11213

    Actions (login required)

    View Item