UDiNus Repository

Penggunaan Firewall Mikrotik Sebagai Sistem Keamanan dan Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer di PT. Astra Honda Motor Semarang

GALIH, PERMANA PUTRA (2012) Penggunaan Firewall Mikrotik Sebagai Sistem Keamanan dan Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer di PT. Astra Honda Motor Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3870b) | Preview

    Abstract

    Pengguna jaringan komputer harus mengeluarkan investasi yang tidak sedikit untuk mengakses Internet. Internet telah memberikan pengaruh yang sangat besar pada penyebaran informasi, sehingga semakin banyak orang yang mengakses data melalui Internet. Permasalahan tersebut dapat diatasi menggunakan MikroTik sebagai pengatur lalu lintas data Internet serta melakukan pembagian bandwidth pada pengguna jaringan komputer. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa tahapan antara lain : analisis topologi jaringan komputer, konfigurasi firewall mikrotik, kontrol bandwidth bagi client pada jaringan komputer.Dalam implementasi kali ini mengambil studi kasus di sebuah perusahaan, yaitu PT. Astra Honda Motor Semarang. Dalam perusahaan ini belum terdapat adanya pengaturan bandwidth. Jadi setiap client pada jaringan komputer dapat mendownload secara besar-besaran yang mengakibatkan client lain tidak mendapatkan jatah bandwidth. Agar bandwidth digunakan sesuai dengan kebutuhan maka dari itu dibutuhkan pembagian bandwidth.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan aplikasi router menggunakan MikroTik yang di hasilkan dapat memenuhi kebutuhan sistem khususnya dalam pada sisi keamanan dan pembagian bandwidth.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:56
    Last Modified: 18 Nov 2014 19:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11215

    Actions (login required)

    View Item