UDiNus Repository

Rancang Bangun Portabilitas Aplikasi Perangkingan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Promethee Di SMA Negeri 1 Balapulang

WILLY, SAPTIAN BAGUS (2012) Rancang Bangun Portabilitas Aplikasi Perangkingan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Promethee Di SMA Negeri 1 Balapulang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Aplikasi Portable adalah Sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan disetiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu dan aplikasi dapat dibawa dalam peralatan portable seperti USB flash drive. Keuntungan dari aplikasi portable adalah pengguna dapat menggunakannya secara praktis karena program dan datanya dapat dibawa kemana saja, dan data tersebut akan di simpan pada sebuah file. Multi Criteria Decision Making (MCDM) merupakan pengambilan keputusan yang digunakan untuk menentukan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang tersedia. Promethee (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation) adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis kriteria majemuk (Multi Criterion Decision Making). Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi portable dan tidak bergantung dengan adanya DBMS (Database Management System) dan data akan disimpan dan diolah pada file yang berguna dalam perangkingan seleksi penerimaan siswa baru, dengan mengimplementasikan metode Promethee. Sedangkan metode perancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan SDLC model iterative dengan pendekatan berbasis object serta bahasa pemodelan yang digunakan adalah bahasa pemodelan UML. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dirancang dan dibangun dibuat secara portable (tanpa bergantung dengan DBMS) dan data akan disimpan dalam file dengan mengimplementasikan metode promethee dan ditujukan untuk perangkingan seleksi penerimaan siswa baru, khususnya di SMA Negeri 1 Balapulang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:58
    Last Modified: 18 Nov 2014 18:51
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11248

    Actions (login required)

    View Item