MIETSAQ, HUSAIN (2012) Modifikasi software Blender 3D dengan penggunaan metode gabungan FK-IK sebagai sarana untuk memperhalus gerak animasi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3717b) | Preview |
Abstract
Teknik dalam membuat animasi bermacam-macam, ada yang straight ahead, ada yang pose to pose, ada pula yang menggunakan campuran. Dari teknik-teknik tersebut semuanya melibatkan karakter untuk digerakkan. Memperoleh gerakan (Pose) yang cocok untuk sebuah karakter memerlukan pengetahuan mengenai bagian apa yang digerakkan dan apa efeknya gerakan itu untuk bagian tubuh karekter yang lain. Oleh karena itu dibutuhkanlah pengetahuan tentang FK (Forward Kinematics) dan IK (Inverse Kinematics). Setelah mengetahui teknik FK dan IK kendala selanjutnya adalah tidak adanya kendali khusus yang menggabungkan FK dan IK secara bersamaan pada software 3D Blender, sehingga menyulitkan pengguna (animator) untuk menentukan pose yang sesuai. Solusi dari masalah tersebut yaitu dengan menciptakan sebuah kode untuk memodifikasi software tersebut untuk menggabungkan metode FK dan IK bersamaan secara realtime. Penggabungan metode tersebut berupa menyatukan gerak poros dari depan dan dari belakang pada karakter sehingga memudahkan animator untuk menghaluskan animasi karakter pada proses pembuatan animasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:59 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 18:42 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11256 |
Actions (login required)
View Item |