UDiNus Repository

ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE HTB DAN METODE KONVENSIONAL UNTUK MEMINIMALISASI BANDWIDTH LOSS PADA CV. OQ SOLUSI NETWORK

JUANG, PRADIPTA (2012) ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE HTB DAN METODE KONVENSIONAL UNTUK MEMINIMALISASI BANDWIDTH LOSS PADA CV. OQ SOLUSI NETWORK. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3881b) | Preview

    Abstract

    Jaringan komputer saat ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan berbagai instansi pemerintahan, kampus, dan bisnis. Sering kali terjadi permasalahan pada jaringan komputer antara lain data yang dikirimkan lambat, rusak dan bahkan tidak sampai ke tujuan. Komunikasi sering mengalami time-out, hingga masalah keamanan. Penyebab dari pengirimiman data yang lambat adalah alokasi bandwidth yang hilang dan kurang optimal.Terdapat dua metode untuk pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan metode konvensiona (simple queue) dan metode HTB (Hierarchical Token Bucket). Akan tetapi dari kedua metode tersebut belum diketahui manakah yang lebih optimal dalam meminimalisasi bandwidth yang hilang pada CV. OQ Solusi Network. HTB merupakan teknik penjadwalan paket yang diperkenalkan bagi router berbasis Linux. Simple queue merupakan bagian dari menu mikrotik yang terletak pada queue list. simple queue merupakan konfigurasi paling mudah dalam membatasi data rate per-client ataupun subnet yang terletak pada sebuah jaringan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:59
    Last Modified: 18 Nov 2014 18:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11260

    Actions (login required)

    View Item