UDiNus Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI SELEKSI PAKET WISATA STUDY TOUR DENGAN METODE FUZZY MULTICRITERIA DECISION MAKING (Study Kasus MA Al Faizin Guyangan Bangsri Jepara)

ARDIANA, RESTIAN FERUL (2012) RANCANG BANGUN APLIKASI SELEKSI PAKET WISATA STUDY TOUR DENGAN METODE FUZZY MULTICRITERIA DECISION MAKING (Study Kasus MA Al Faizin Guyangan Bangsri Jepara). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Studi tour merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu diadakan oleh lembaga pendidikan, baik itu SD, SMP, SMA hingga Perguruan tinggi. Proses seleksi perlu dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan studi tour yang ditawarkan. Tentunya proses seleksi harus dilakukan secara teliti. Penulis mencoba memberikan solusi dalam bentuk program aplikasi untuk menyelesaikan permasalahan seleksi paket studi tour.Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi yang mampu melakukan proses seleksi pemilihan paket wisata studi tour dengan mengimplementasikan metode Fuzzy Multicriteria Decision Making (FMCDM), sehingga proses seleksi lebih efektif dan efisien.Data Primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari objek penelitian yaitu PT Nusantara Tour and Travel Semarang. Data dan infromasi diperoleh dari bagian marketing, ekspedisi dan logistic. Data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari berbagai literature dan informasi yang bersumber dari luar PT Nusantara Tour and Travel Semarang, yakni data yang berkaitan dengan lokasi dan biaya di tempat wisata.Hasil penelitian yang diterapkan pada wali kelas di Madrasah Aliyah Al Faizin Guyangan Bangsri Jepara menunjukkan bahwa lokasi wisata yang dapat direkomendasikan diterima adalah W003 yaitu lokasi wisata Bedugul-Tanah Lot Bali (Taman Ayun, Pura Ulun Danau Beratan, Alas Kedaton, dan Tanah Lot).

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:59
    Last Modified: 18 Nov 2014 18:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11276

    Actions (login required)

    View Item