RINA, SETYANINGRUM (2012) Perancangan Media Promosi Wisata Religi Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Semarang merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah. Kota tersebut memiliki segudang daya tarik terutama objek wisata, salah satunya adalah wisata religi. Wisata religi di Kota Semarang mempunyai sejarah dan keunikan arsitektur bangunan yang indah. Akan tetapi wisata religi Kota Semarang kurang banyak peminatnya. Kurang dikenalnya wisata religi Kota Semarang, disebabkan kurangnya media promosi. Permasalahan tersebut yang membuat perancang ingin membuat desain wisata religi agar dapat dikenal masyarakat Kota Semarang pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Tujuan dari perancangan ini adalah ke arah media promosi yang sesuai dengan target audience agar masyarakat lebih mengenal dan mau berkunjung ke wisata religi Kota Semarang. Media yang digunakan adalah media lini atas dan media lini bawah. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan deskriptif yaitu perancangan yang diawali dengan latar belakang, rumusan masalah, identifikasi dan tujuan perancangan. Data perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan data primer yaitu dengan melakukan observasi/penelitian ke obyek yang dituju secara langsung dan melakukan wawancara dengan cara bertanya langsung kepada responden, serta menggunakan data sekunder yaitu dengan metode kepustakaan, internet, dan metode dokumentasi data buku, foto. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Analisis SWOT kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) yang dilanjutkan dengan pembuatan konsep perancangan yaitu menggunakan konsep minimalis. Secara komprehensif perancangan ini terdiri dari koran dan spanduk, buku, pin, poster, brosur, pembatas buku, gantungan kunci, x-banner, t-shirt dan mug, yang dapat digunakan untuk mengenalkan keanekaragaman obyek wisata religi yang ada di Kota Semarang dan mengajak masyarakat berkunjung ke wisata religi Kota Semarang tersebut.
Actions (login required)