UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERSEDIAAN BARANG PADA UD.ENDANG NAGA JAYA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) DAN MOVING AVERAGE FORECASTING

SUGENG, RIYADI (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERSEDIAAN BARANG PADA UD.ENDANG NAGA JAYA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) DAN MOVING AVERAGE FORECASTING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah masalah persediaan barang. Salah satu cara penekanan biaya persediaan barang adalah dengan menekan biaya persediaan seminimal mungkin. Upaya meminimumkan biaya persediaan tersebut dengan cara menggunakan analisis EOQ. Banyaknya jenis barang menyebabkan persediaan barang tidak optimal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan perhitungan menggunakan EOQ, Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah menerapkan sistem informasi yang menggunakan database dalam menerapkan efisiensi dan efektifitas pada pencatatan persediaan barang di gudang dengan pendekatan metode EOQ (economic order quantity). Hal ini dapat diterapkan dalam sebuah system informasi untuk menyediakan informasi yang cepat dan tepat dalam pengolahan data persediaan barang. Hasil yang diperoleh dari penelitian pembelian barang adalah untuk kacang sebesar 80,08 barang dan frekuensi pembelian sebanyak 34 kali dalam satu tahun. Total biaya persediaan barang yang dihitung menurut EOQ adalah sebesar Rp 143.818.246 lebih efektif dan efisien dibandingkan yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah sebesar Rp 214.716.750 dan untuk makaroni sebesar 106,09 barang dan frekuensi pembelian sebanyak 17 kali dalam satu tahun. Total biaya persediaan barang yang dihitung menurut EOQ adalah sebesar Rp 48.276.953 lebih efektif dan efisien dibandingkan yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah sebesar Rp 50.712.925, maka ada penghematan biaya persediaan barang apabila perusahaan menggunakan metode EOQ.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:02
    Last Modified: 18 Nov 2014 16:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11378

    Actions (login required)

    View Item