UDiNus Repository

Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja dengan metode Balanced Scorecard di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Semarang I

DANIA, HAPSARI NINDYA (2012) Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja dengan metode Balanced Scorecard di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Semarang I. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang I adalah organisasi publik, yang menjalankan dan mendukung visi misi Direktorat Jenderal Perbendaharaan yaitu terselenggaranya program pemerintah dan pelayanan umum kepada masyarakat. Guna menilai kualitas layanan yang diberikan oleh KPPN, diperlukan sebuah penilaian kinerja sebagai bagian dari pengelolaan kinerja untuk meningkatkan pelayanannya selaku kuasa Bendahara Umum Negara. Balanced Scorecard adalah salah satu metode penilaian kinerja yang mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelangan, perspektif proses internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, selain menggunakan pedoman Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). Pemodelan sistem pada penelitian ini menggunakan UML, antara lain diagram use case, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Tahap pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan yang dimulai dari mengidentifikasikan kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing dan maintenance. Dari hasil penelitian ini akan menghasilkan sebuah sistem informasi penilaian kinerja yang berpedoman DP3 dan Balanced Scorecard yang real time dan up to date yang dapat menghasilkan laporan penilaian secara cepat dan akurat. Sehingga hasil penilaian kinerja ini dapat digunakan sebagai bahan acuan, evaluasi dan umpan balik mengenai pencapaian sasaran kinerja pegawai sesuai visi, misi dan strategi yang telah ditetapkan untuk jangka waktu tertentu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:02
    Last Modified: 18 Nov 2014 16:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11399

    Actions (login required)

    View Item