BASKORO, SETIAWAN DANU (2012) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEMVISUALISASIKAN KERANGKA GIGI MANUSIA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai tampilan real-time dari sebuah lingkungan dunia nyata yang telah ditingkatkan atau ditambah dengan menambahkan informasi virtual seperti objek 3 dimensi yang dihasilkan komputer sehingga seolah-olah objek tersebut berada di dunia nyata.Pada umumnya objek yang digunakan untuk membangun aplikasi AR disebut marker. Marker adalah suatu gambar (pattern) yang akan diolah oleh komputer dan akan menampilkan objek virtual tepat berada diatas marker.Kinerja sistem AR seperti ini sangat tergantung pada kinerja deteksi marker. Saat ini, ada lebih dari pelacakan beberapa marker. Misalnya pada library ARToolKit, Marker yang dapat dikenal pada umumnya dikelilingi oleh boundary berwarna hitam yang berbentuk persegi. Berhasil atau tidaknya pembacaan marker dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kesesuaian gambar marker, intensitas cahaya, resolusi kamera, jarak marker dan pergerakan marker.Pada penelitian ini objek yang ditampilkan didesain dengan menggunakan 3D Studio Max. Nilai-nilai yang diujikan dalam penelitian ini berfokus pada marker seperti pendeteksian marker, mengukur jarak marker dengan kamera, menghitung sudut kemiringan marker dan intesitas cahaya yang dilihat dari ukuran distorsi kamera. Berdasarkan pengujian yang dilakukan bahwa marker akan terdeteksi sempurna jika memiliki ketebalan border yang tinggi serta memiliki ukuran marker yang besar disertai dengan ukuran skala objek 3D yang besar pula.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:03 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 16:19 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11421 |
Actions (login required)
View Item |