UDiNus Repository

ANALISIS DAN PERANCANGAN PURWARUPA E-HERITAGE MENGGUNAKAN METODE EVOLUSIONER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELESTARIAN WARISAN BUDAYA JAWA TENGAH

HARISUDDIN, HAKIM (2012) ANALISIS DAN PERANCANGAN PURWARUPA E-HERITAGE MENGGUNAKAN METODE EVOLUSIONER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELESTARIAN WARISAN BUDAYA JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia merupakan negara dengan potensi kebudayaan yang tinggi. Akan tetapi, potensi kebudayaan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini dapat dilihat pada warisan budaya di Jawa Tengah. Kebudayaan di Jawa Tengah dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah. Pada Dinas tersebut, warisan budaya dikelola oleh departemen seni dan budaya dan departemen museum dan benda prasejarah. Pada kedua departemen tersebut, data-data warisan budaya tidak tertata secara sistematis. Hal ini terlihat pada proses penyimpanan data yang bersifat acak dan manual. Sementara itu, perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuat arus komunikasi menjadi semakin global. Hal inilah yang menjadi dasar penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi infomasi untuk menyebarluaskan informasi warisan budaya di Jawa Tengah. Dengan menggunakan metode evolusioner sebagai basis dari pengembangan sistem, hal ini memungkinkan sistem untuk selalu berkembang baik dari segi basis data maupun dari segi data yang terdapat pada sistem tersebut. Segala macam jenis masukan yang masuk melalui sistem akan membuat sistem ini semakin berkembang. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah sistem e-heritage yang didalamnya terdapat pengelolaan segala macam warisan budaya yang ada di Jawa Tengah. Dari hasil tersebut diharapkan masyarakat lebih mengerti tentang warisan budaya yang terdapat di Jawa Tengah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:03
    Last Modified: 18 Nov 2014 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11437

    Actions (login required)

    View Item