UDiNus Repository

Sistem Informasi Penugasan Kegiatan Manajemen Proyek Berbasis Web Dengan Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO)

ARIF, HIJRIYANTO TRI (2012) Sistem Informasi Penugasan Kegiatan Manajemen Proyek Berbasis Web Dengan Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penjadwalan sumber daya (resource scheduling) merupakan salah satu perencanaan operasional proyek yang didalamnya terdapat proses mengidentifikasi jenis dan jumlah sumber daya sesuai dengan jadwal keperluan yang telah ditetapkan. Kebutuhan sumber daya untuk masing-masing satuan waktu bisa berbeda, sehingga ada kemungkinan terjadi fluktuasi kebutuhan sumber daya. Permasalahan optimasi perataan penggunaan sumber daya merupakan masalah yang sudah umum dan telah dipelajari dalam waktu yang lama, namun perlu dicari metodologi atau pendekatan teknis yang memadai dan sampai saat ini telah berkembang beberapa solusi alternatif yang ditawarkan. Pada Tugas Akhir ini, dibahas penerapan algoritma particle swarm optimization (PSO), pada optimasi penjadwalan sumber daya proyek. Aplikasi ini termasuk dalam kategori menajemen tugas, karena dari keseluruhan proyek menitikberatkan pada tugas yang diberikan kepada pegawai proyek. Sistem Informasi ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya yang diintegarsikan dengan mySQL sebagai basis datanyaa. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi manajemen proyek berbasis web yang menitik beratkan pada pengelolaan proyek agar proyek tersebut lebih efektif dan efisien. Adapun manfaat penelitian dari pengembangan aplikasi manajemen proyek ini adalah membantu memanajemen proyek agar proyek tersebut menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Tugas yang dikerjakan dalam proyek menjadi lebih jelas dan terarah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:05
    Last Modified: 18 Nov 2014 14:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11530

    Actions (login required)

    View Item