UDiNus Repository

Analisis perbandingan Bandwidth Management antara HTB dan PCQ untuk implementasi pada Video Streaming dengan parameter Bandwidth dan Quality of Service

DWI, ARIANTO BAGUS (2012) Analisis perbandingan Bandwidth Management antara HTB dan PCQ untuk implementasi pada Video Streaming dengan parameter Bandwidth dan Quality of Service. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Sebuah teknologi yang dapat mentransmisikan video sekaligus suara melalui suatu jaringan atau yang disebut Video Streaming yang digunakan oleh banyak client, maka lalulintas data pada suatu jaringan tersebut akan menjadi padat,alokasi bandwidth sangatlah dibutuhkan dalam sebuah layanan video streaming dalam keadaan jaringan tersebut. Bandwitdh management merupakan salah satu metode yang berguna untuk mengukur koneksi seperti konsumsi bandwidth oleh client, ketersediaan koneksi ,dll. Terdapat 2 teknik bandwidth management yaitu teknik Hierarchical Token Bucket dan Peer Connection Queuing yang akan dibandingkan karena memiliki kelebihan dalam alokasi bandwidth untuk pengimplementasian pada Video Streaming yang mempunyai sifat Bandwidth Dependent,bagaimana hasil perbandingan yang akan diperoleh dari kedua teknik bandwidth management tersebut untuk mendapatkan hasil perbandingan yang tepat dan akurat dalam pemilihan teknik Bandwitdh management antara HTB (Hierarchical Token Bucket) atau PCQ (Per Connection Queuing) untuk penerapan pada Video Streaming.dengan parameter bandwidth danQoS. Kedua teknik tersebut dibandingkan karena keduanya merupakan bagian dari mekanisme shaper (digunakan untuk mengontrol kecepatan aliran data dan juga sebagai scheduling job), dilakukan peminjaman bandwidth antar kelas pada teknik HTB, namun pada teknik PCQ pembagian bandwidth dibagi berdasarkan jumlah user yang berada pada jaringan. Teknik PCQ memiliki nilai delay lebih rendah dan nilai Throughput yang lebih besar, dari pada HTB, sehingga PCQ lebih baik digunakan pada penggunaan Video Streaming.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:06
    Last Modified: 18 Nov 2014 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11536

    Actions (login required)

    View Item