UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode PROMETHEE pada Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Pengadilan Agama Kendal Berabasis Web

ARIEF, PUTRA KUSUMA (2012) Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode PROMETHEE pada Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Pengadilan Agama Kendal Berabasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu tugas yang dilakukan Pengadilan Agama Kendal adalah menjalankan proses pelelangan pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Proses penentuan pemenang dalam pelelangan barang dan jasa yang dilakukan saat ini membutuhkan waktu yang lama. Selain itu penyajian informasi mengenai pengadaan barang/ jasa masih dilakukan secara konvensional, sehingga informasi yang kurang mengenai pengadaan barang dan jasa menyebabkan keikutsertaan para peserta tender (rekanan) dalam mengikuti lelang yang diadakan Pengadilan Agama Kendal menjadi sedikit kurang proporsional, maka dari itu diperlukan sistem pendukung keputusan berbasis web. Pada proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk pemilihan pemenang pada lelang pengadaan barang dan jasa Pengadilan Agama Kendal menggunakan teknik analisis data dengan metode pembangunan perangkat lunak secara sequential linier. Untuk metode pengembangan sistem sistem menggunakan metode Unified Modeling Language (UML) dalam menggambarkan model fungsional dengan menggunakan Class Diagram untuk menggambarkan model data.Untuk standar penilaian kriteria menggunakan metode Promethee (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation) Hasil dari penelitian ini menginformasikan data pelelangan dan peserta lelang yang lolos pada tahap evaluasi. Pengujian sistem ini menggunakan metode pengujian Black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak Setelah dilakukan pengujian dengan metode Black box ditarik kesimpulan bahwa secara fungsionalitas sistem sudah dapat menghasilkan output sesuai yang diharapkan dan user dapat meggunakannya dengan mudah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:07
    Last Modified: 18 Nov 2014 12:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11606

    Actions (login required)

    View Item