UDiNus Repository

Rancang Bangun Aplikasi Perangkingan Dengan Otomatisasi Update Pada Proses Seleksi Penerimaan Siswa Baru Tingkat SMA Berbasis Web

VINCENTIA, GITASARI ANTIKA (2012) Rancang Bangun Aplikasi Perangkingan Dengan Otomatisasi Update Pada Proses Seleksi Penerimaan Siswa Baru Tingkat SMA Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penerimaan Siswa Baru atau PSB merupakan suatu kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh semua lembaga pendidikan dalam menyeleksi para calon siswa untuk diterima berdasarkan syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Tindakan yang biasa dilakukan oleh panitia PSB dalam menyeleksi calon siswa baru tersebut adalah dengan melakukan perangkingan secara manual. Perankingan adalah suatu kegiatan mengurutkan data, mulai dari tingkat kelayakan tertinggi hingga terendah dari satu atau lebih kriteria. Salah satu metode yang menjelaskan tentang perangkingan adalah Promethee. Peneliti promethee, J.P. Brans dan Vincke mengemukakan bahwa promethee merupakan suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria meliputi kesederhanaan, kejelasan, dan kestabilan. Terdapat dua cara penanganan yaitu Promethee I digunakan untuk memperoleh pra urutan, sedangkan Promethee II digunakan untuk memperoleh hasil urutan secara lengkap. Penelitian tentang perangkingan menggunakan metode promethee ini , telah dilakukan sebelumnya oleh saudara Yudha Satria, S. Kom. Penelitian yang dilakukan beliau mengenai aplikasi perangkingan untuk penerimaan peserta didik. Penulis tertarik untuk mengembangkan penelitian beliau karena penelitian mengenai perangkingan menggunakan metode Promethee yang melibatkan banyak kriteria dan banyak alternatif atau yang dikenal dengan Multicriteria Decision Making masih tergolong baru untuk obyek penelitian di kampus Universitas Dian Nuswantoro. Penulis mengembangkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi yang dapat diakses dengan berbasis web dan mampu melakukan otomatisasi update pada proses seleksi penerimaan siswa baru.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:08
    Last Modified: 18 Nov 2014 12:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11645

    Actions (login required)

    View Item