SUCI, APRILIANI (2012) Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Teknis Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Batang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pelayanan pengaduan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum masih diproses secara manual dengan tulisan tangan yang dicatat dalam sebuah buku, meskipun dibantu dengan komputer akan tetapi masih menggunakan program aplikasi Microsoft Excel untuk perhitungannya dan dokumentasi laporan. Oleh karena itu diperlukan sistem yang dapat mengatur aktivitas dalam kegiatan pelayanan. Dengan adanya sistem informasi diharapkan dapat membantu pengurus dalam pendataan pelanggan, pendataan pengaduan pelanggan, pendataan petugas, mencatat kerusakan, biaya perbaikan, pendataan perbaikan, dan pembuatan laporan. Serta mempermudah petugas dalam mengetahui laporan pengaduan. Metodologi pengumpulan data menggunakan metode : interview yaitu dengan mengadakan tanya jawab langsung dengan bagian pelayanan. Observasi yaitu pengamatan langsung mengenai sistem pengaduan yang berjalan. Studi pustaka adalah pengumpulan data dengan mempelajari buku atau literatur-literatur mengenai sistem informasi. Desain sistem dan perancangan database yang digunakan mulai dari Context Diagram, DFD Level, ERD, Normalisasi, Relasi Tabel, Kamus Data dan Desain Input Output yang menghasilkan suatu database dan kelompok laporan yaitu Informasi data pelanggan, informasi pengaduan pelanggan, informasi petugas, informasi perbaikan, dan informasi laporan pengaduan dan perbaikan. Dengan demikian diharapkan penyimpanan data menjadi terpusat dan keberadaan data akan selalu terkontrol dengan baik dari segi ketelitian dan validasi data dapat dipertanggungjawabkan sehingga informasi yang disajikan akan lebih cepat dan akurat.
Actions (login required)