UDiNus Repository

Analisa Prediksi Data Deret Waktu Keuangan Indeks Harga Saham Gabungan dengan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

FACHMIZA, MAULANA (2013) Analisa Prediksi Data Deret Waktu Keuangan Indeks Harga Saham Gabungan dengan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4085b) | Preview

    Abstract

    Bursa Efek menjadi salah satu indikator kemajuan ekonomi suatu bangsa tak terkecuali Indonesia. Berinventasi dalam bursa memang sangat menguntungkan akan tetapi pergerakan bursa yang fluktuatif maka resiko investasi jenis ini tergolong sangat tinggi. Diperlukan sebuah analisa yang berupaya untuk mengetahui prediksi harga saham di masa depan guna membantu investor mengambil tindakan membeli atau menjual sebuah instrumen investasi. Prediksi atau yang lebih dikenal dengan istilah peramalan adalah suatu proses untuk memperkirakan nilai pada masa yang akan datang dengan menggunakan data masa lalu. Oleh karena itu penelitian ini akan mencoba menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System untuk memprediksi data deret waktu keuangan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Metode ANFIS adalah gabungan dari fuzzy serta jaringan syaraf tiruan sehingga metode ini mempunyai keunggulan untuk menerjemahkan pengetahuan dari pakar dalam bentuk aturan-aturan dan proses perhitungan komputasi menjadi lebih cepat karena didukung oleh mesin pembelajaran dari jaringan syaraf tiruan. Data penelitian ini menggunakan data periode 1 Januari 2007 sampai 1 Januari 2012 yang diambil dari yahoo finance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase kebenaran (hit rasio) prediksi harga saham terbaik adalah 95,34884% dengan standar devisiasi kesalahan (RMSE) sebesar 0,156442%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
    Last Modified: 18 Nov 2014 06:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11768

    Actions (login required)

    View Item