ERDI, SUSANTO (2013) Analisis Pengelolaan Service Desk dan Insiden Teknologi Informasi dan Komunikasi (DS8) Universitas Dian Nuswantoro Berdasarkan Framework COBIT 4.1. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Universitas Dian Nuswantoro merupakan Perguruan Tinggi yang telah lama berkecimpung dibidang teknologi informasi dan senantiasa mengedepankan layanan dengan pemanfaatan TI, tetapi dalam implementasi layanan TI dinilai masih kurang optimal dalam menjaga tingkat ketersediaan dukungan layanan TI. Penelitian ini untuk mengevaluasi Tata Kelola TIK Pengelolaan Service Desk dan Insiden (DS8) UDINUS menggunakan standar COBIT. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuisioner serta pemilihan responden disesuaikan berdasarkan struktur RACI Chart proses DS8 dengan metode Purposive Sampling, kemudian data diolah untuk mendapatkan tingkat kematangan (Maturity Level) kondisi saat ini (As Is) dan kondisi yang diharapkan (To Be), serta dilakukan analisa kesenjangan terhadap kedua kondisi untuk dijadikan dasar dalam menentukan strategi perbaikan Tata Kelola TIK Pengelolaan Service Desk dan Insiden (DS8) serta perbaikan akan secara bertahap menuju tingkat kematangan (maturity level) kondisi yang diharapkan (To Be) berdasarkan framework COBIT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tata Kelola TIK Pengelolaan Service Desk dan Insiden (DS8) kondisi saat ini (As Is) berada pada level 2 (Berulang tapi Intuitif), sedangkan kondisi yang diharapkan (To Be) berada pada level 4 (Terkelola dan Terukur). Strategi perbaikan akan dilakukan secara bertahap dengan melakukan tindakan perbaikan yang disesuaikan dengan 6 (enam) atribut kematangan COBIT.
Actions (login required)