UDiNus Repository

Game Edukasi Untuk Melestarikan Permainan Tradisional Gobak Sodor Menggunakan Metode Playability Heuristic Evaluation for Educational Games (PHEG)

ABAS, SETIAWAN (2013) Game Edukasi Untuk Melestarikan Permainan Tradisional Gobak Sodor Menggunakan Metode Playability Heuristic Evaluation for Educational Games (PHEG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (375Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Gobak sodor atau galah asin adalah permainan tradisional di Indonesia yang dimainkan secara berkelompok bergantian dan saling menghalangi satu sama lain. Banyak anak – anak dan remaja yang tidak pernah memainkan atau bahkan tidak tahu permainan warisan budaya bangsa tersebut. Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat. Permainan tidak hanya dilakukan secara langsung, melainkan bisa dengan visual, komputer, ataupun video game. Perlu adanya suatu upaya untuk melestarikan warisan budaya tersebut dengan menggabungkan teknologi yang berkembang saat ini. Maka dari itu muncul suatu gagasan untuk membuat game “ARGASIN”. Game ini memberikan pengetahuan tentang permainan gobak sodor beserta aspek sosial yang terdapat didalamnya. Tujuan dari game ARGASIN adalah memberikan nilai edukasi dari permainan tradisional gobak sodor. Game yang ber- genre casual ini ditujukan pada semua umur khususnya anak usia SD hingga SMP. ARGASIN dilengkapi simulasi 3D menggunakan teknologi augmented reality pada single player dan bisa dimainkan dua sampai tiga pemain pada multi player. Augmented reality menggabungkan interaksi alami, nyata dan kaya akan realitas fisik dengan bebas dari kendala dan presisi digital di dunia. Cara bermainnya adalah dengan mengatur stategi agar musuh tidak dapat menembus pertahanan pemain. Lawan dari game ini adalah agen yang menggunakan kecerdasan buatan atau agen cerdas yang dapat secara acak memilih rute untuk menembus pertahanan pemain. Dilakukan pengujian dan implementasi kepada anak –anak dan diambil data menggunakan kuisioner. Selain itu kebergunaan game ARGASIN ini juga diuji dengan menggunakan pengujian Heuristik Evaluasi Kebergunaan pada Game Edukasi atau PHEG. Dengan adanya game ARGASIN ini diharapkan anak –anak lebih akan menghargai kebudayaan lokal khususnya permainan tradisional gobak sodor.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:18
      Last Modified: 18 Nov 2014 01:45
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12009

      Actions (login required)

      View Item