UDiNus Repository

Optimasi Penjadwalan Dengan Metode Algoritma Genetika ”Steady State” Studi Kasus Penjadwalan Ruang Laboratorium Di SMP Negeri 1 Bulu, Temanggung

YUWAFFA, AKBAR ALMAS (2013) Optimasi Penjadwalan Dengan Metode Algoritma Genetika ”Steady State” Studi Kasus Penjadwalan Ruang Laboratorium Di SMP Negeri 1 Bulu, Temanggung. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1023Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3894b) | Preview

      Abstract

      Telah dilakukan penelitian terhadap sistem pembuatan jadwal penggunaan ruang laboratorium di SMP Negeri 1 Bulu, Temanggung. Dalam pembuatan jadwal penggunaan ruang laboratorium masih menggunakan cara tulis tangan atau manual. Hal ini berpengaruh terhadap jadwal yang dibuat, contohnya adalah tabrakan jadwal, waktu pembuatan yang cukup lama, dan data tidak tersimpan dengan baik. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan mengatasi masalah tabrakan jadwal yang sering terjadi dalam pembuatan jadwal penggunaan ruang laboratorium dengan menerapkan metode algoritma genetika ”steady state” ke dalam program penjadwalan. Algoritma genetika merupakan sistem logika matematika yang dipadukan dengan sistem genetika biologi, yang nantinya menghasilkan suatu proses seleksi dengan aturan-aturan yang telah ditentukan. Metode algoritma genetika ”steady state” adalah metode yang cara kerjanya menggunakan teori Darwin, yaitu individu yang dapat bertahan terhadap ketentuan alam maka individu tersebut yang akan hidup. Penerapan teori tersebut dalam program penjadwalan penggunaan ruang laboratorium adalah crossover atau persilangan dan seleksi. Beberapa objek dalam penjadwalan tersebut adalah ruang laboratorium, hari aktif laboratorium, jam pelajaran, kelas, guru yang menggunakan laboratorium, dan mata pelajaran yang menggunakan ruang laboratorium.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:18
      Last Modified: 18 Nov 2014 01:41
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12011

      Actions (login required)

      View Item