UDiNus Repository

Perancangan Alat Peraga 3D Belajar Mengenal Macam-Macam Binatang Berbasis Augmented Reality (AR) di TK ABA 33 Semarang

ANDHI, SISWANTO (2013) Perancangan Alat Peraga 3D Belajar Mengenal Macam-Macam Binatang Berbasis Augmented Reality (AR) di TK ABA 33 Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (373Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Alat peraga merupakan salah satu media dalam proses belajar mengajar. Penggunaan alat peraga peranannya sangat penting dalam pendidikan anak usia dini khususnya di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 33 (TK ABA 33) Semarang. Alat peraga gambar 2 dimensi (2D) masih banyak digunakan di TK ABA 33. Melalui wawancara dan observasi langsung di TK ABA 33 diperoleh hasil bahwa alat peraga gambar memiliki beberapa kelemahan diantaranya, mudah rusak, berukuran kecil dan kurang atraktif sehingga kurang efektif untuk proses belajar mengajar. Untuk mengatasi kekurangan dari alat peraga yang ada saat ini, dirancanglah sebuah alat peraga baru sabagai alternatif pengganti alat peraga lama dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan objek-objek virtual 3 dimensi (3D) dengan realita sebenarnya. Sebagai contoh adalah magicbook, sebuah buku yang memberikan “user experience” yang tinggi kepada penggunanya. Dibanding dengan buku biasa yang hanya memuat teks dan gambar 2 dimensi (2D), buku berbasiskan teknologi AR ini dapat menampilkan objek virtual 3D dan dibuat semirip mungkin dengan bentuk sebenarnya lengkap dengan animasinya. Hasil yang diperoleh dalam tugas akhir ini adalah sebuah alat peraga 3D berbasis augmented reality berupa magicbook yang memunculkan gambar animasi 3D beserta teks dan suara.Perancangan alat peraga berbasis augmented reality telah dilakukan dan diimplementasikan pada tema binatang di TK ABA 33 Semarang. Juga telah dilakukan pengujian dengan responden wali murid dari siswa TK ABA 33. Pengujian sistem dilakukan untuk mendapat tanggapan mengenai penggunaan dari aplikasi alat peraga berbasis AR. Hal-hal apa yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada pengembangan alat peraga ini akan diulas pada bagian akhir laporan ini.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:20
      Last Modified: 18 Nov 2014 00:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12059

      Actions (login required)

      View Item