UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Beasiswa Berbasis Web pada SMA Negeri 2 Semarang Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making ( FMADM ) dan Metode Simple Additive Weighting ( SAW )

APRILYANI, SAFITRI NUR (2013) Sistem Pendukung Keputusan Beasiswa Berbasis Web pada SMA Negeri 2 Semarang Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making ( FMADM ) dan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (188Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pengambilan keputusan merupakan tindakan yang harus dilakukan dengan efektif dan efisien dalam semua bidang, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Permasalahan yang sering dihadapi adalah bagaimana cara menentukan siswa-siswi yang layak mendapatkan beasiswa karena keterbatasan ekonomi keluarga mereka. Beasiswa merupakan bantuan berupa dana untuk membantu siswa-siswi yang kurang mampu selama menempuh studinya. SMAN 2 Semarang adalah salah satu sekolah di wilayah Kota Semarang yang mendapat bantuan beasiswa dari Dinas Pendidikan. Diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu SMAN 2 Semarang menentukan siswa-siswi yang layak mendapatkan maupun direkomendasikan kepada Dinas Pendidikan untuk mendapatkan beasiswa. Metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dan metode Simple Additive Weighting (SAW) dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Ditentukan bobot pada tiap kriteria, lalu dilakukan pencocokan pada kriteria yang dipenuhi oleh setiap alternatif. Proses terakhir adalah perankingan untuk mendapatkan alternatif terbaik. Karena ketersediaan infrastruktur jaringan komputer yang memadai di SMAN 2 Semarang, sistem ini dirancang berbasis web sehingga dapat diakses secara online pada LAN (Local Area Network) sekolah. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Web Engineering dengan pendekatan terstruktur. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu SMAN 2 Semarang menentukan menentukan siswa-siswi yang layak mendapatkan maupun direkomendasikan kepada Dinas Pendidikan untuk mendapatkan beasiswa dengan cepat dan tepat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:20
      Last Modified: 17 Nov 2014 23:38
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12088

      Actions (login required)

      View Item